Wednesday, December 16, 2015

VNC (Virtual Network Computing)

Ini adalah software wajib ada di kantor, kali ini akan ku share, barangkali besok butuh juga.
VNC adalah kependekan dari Virtual Network Computing.Sedangkan VNC adalah sebuah software remote control, dimana dengan melalui software ini suatu komputer dapat melakukan akses untuk bekerja di suatu komputer lain yang terhubung dengan jaringan. Hal ini dapat dilakukan baik dalam lingkungan LAN (Local Area Network) yang relatif berjarak dekat sampai dalam jaringan internet yang dapat berjarak ribuan kilometer.

Karekteristik yang merupakan keunggulan dari software VNC dibanding software-software jenis lainnya adalah :

1.      Multi platform. Software VNC
Ini dapat digunakan dengan baik di lingkungan Windows, Linux, Beos, Macintosh, Unix dll. bahkan penggunaannya juga dapat dilakukan secara lintas platform. VNC client & VCN server dapat saling diakses misalnya dari sistem Windows ke sistem Linux, maupun dari sistem Linux ke sistem Windows.

2.      Client-server.
Software terdiri dari aplikasi server dan client yang harus diinstall di kedua sisi.Bagi orang-orang tertentu hal ini mungkin menjadi rumit, tapi berarti melindungi privasi komputer yang menggunakan VNC.

3.       HTTP support.
VNC dapat diakses menggunakan default port 5900 atau 5901 untuk TCP maupun port 5800 atau 5801 untuk HTTP. Jadi sebuah VNC server juga dapat diakses oleh VNC client menggunakan sebuah browser seperti Mozilla Firefox, Opera, dan Internet Explorer dengan menggunakan Java Aplet.

4.      TransparanVNC.
Transparan VNC adalah sebuah program yang sopan, tidak seperti beberapa software remote desktop lain yang menyembunyikan keberadaan dirinya dari user awam sehingga dapat dikategorikan sebagai sebuah software yang akan dideteksi oleh software antivirus.

5.       Across internet.
VNC dapat digunakan across internet.Cukup mengetahui nomor IP Address dan password VNC tujuan, kita dapat memperlakukannya menjadi program semacam PCAnywhere untuk mengontrol komputer dari jarak jauh melalui jaringan dalam suatu internet.

6.      Open Source.
VNC bersifat Open Source dengan lisensi GPL (General Publik License).Dengan sifatnya ini, kita bisa dengan leluasa menggunakan dan mendistribusikannya, meski tentu saja harus mengikuti sifat lisensi open source-nya. VNC telah disediakan secara gratis sejak tahun 1988.

Sistem VNC :

Dalam komputasi, Virtual Network Computing (VNC) merupakan metode berbagi grafis desktop menggunakan protocol RFB untuk control jarak jauh komputer lain. VNC mentransmisi kan event dari keyboard dan mouse dari satu.
Sistem VNC terdiridari 3, yaitu client, server, dan komunikasi protokol:
a.       VNC Server
Program yang dijalankan di komputer target
b.      VNC Client
MerupakanViewer, program inidijalankan di computer server/ admin
c.       VNC Protokol (RFB)
Merupakanprotokol yang dipakaioleh VNC, Remote Frame Buffer mengirimkancapture image berdasarkandata pixel posisi X dan Y grafis. Serta mengirimkanevent danmessage keViewer.

0 comments:

Post a Comment

Terima Kasih Sudah Komentar,Komentar Anda sangat Berarti Bagi Saya

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger